folder Filed in Life
Cara Jitu Bobo Bareng Nona-nona Cantik
Edward Suhadi comment 2 Comments

Dulu saya selalu murung dan sedih ketika menghadapai kegagalan. Gagal bisnis, gagal proyek, gagal pitching. Hehe, bahkan saya menulis ini aja karena lagi sedih mendengar berita tadi siang bahwa ada sebuah proyek yang dibatalkan oleh kliennya. Gagal lagi.

Si gagal ini sering datang beruntun lagi. Gagal lalu besoknya gagal lalu besoknya gagal. Pahit rasanya. Frustasi campur takut campur depresi.

Tapi saya selalu ingat kalimat yang pernah saya baca ini: Bahwa keberhasilan itu hidupnya di antara banyak kegagalan-kegagalan. Dan jika kita tidak pernah mau merasakan pahitnya kegagalan, maka kita tidak akan pernah merasakan juga manisnya keberhasilan.

Kerennn ya? 🙂

Kayak bunyi irama drum di sebuah lagu: Dung, tes, tes, tes, dung, tes, tes, tes, dung, tes, tes, tes.

Dung hanya bunyi setelah beberapa kali tes. Ga ada tes, ga ada dung.

Gini deh, saya buat gambar sederhana di bawah ini. Ini berdasarkan tulisan di atas dicampur dengan pengalaman saya sendiri.

jalan-sukses

Jalan sukses yang orang mau: Pitching 1 proyek, ditelpon balik, diterima, sukses, lancar, dapet proyek lagi, sukses lagi, lancar, nilai proyek lebih besar, naik lagi, lancar. Mantap bro!

Jalan sukses yang sesungguhnya: Pitching 10 proyek, ditelpon balik 2, ga ada yang jadi. Besok pitching lagi, dikasih harapan lagi, kita meringsek maju, dapet proyek 1 yang kecil. Dari proyek satu itu kita ditawari temannya proyek berikut. Setelah meeting 4-5 kali, proyek didrop. Pakai vendor lain. Picthing lagi, hasil proyek ada yang nggak oke, klien ga puas. Cashflow menipis, team ada yang dibajak, peralatan di kantor ada yang rusak. Ada email masuk, mau mencoba produk kita. Eh kali ini kita buat bagus banget, mereka puas, tiga temannya mau coba proyek ini. Ternyata tiga-tiganya kasih harapan palsu lagi. Email dan WA kita ga pernah di balas. Tapi ada yang lihat proyek kita itu lalu hubungi kita, eh, kita buat dengan bagus banget lagi. And so on and so forth.

Jalan (sukses) yang biasanya dijalani: Coba meeting. Ada interest. Meeting 3 kali. Udah hot nehhh, pasti goal! Proyek didrop. Mereka pakai vendor lain. Budget sepertiganya. Sakit rasanya. Sakit. SAKIT! Gw kapok. Gw ga mau dikecewain lagi. Dah ah. Main path.

Jalan sukses yang kedua pasti dilalui oleh siapapun yang pernah maju dan naik dalam hidupnya. Saya bisa lihat mereka mengangguk-anggukkan kepalanya.

Warren Beatty Tim Grierson

Ini foto Warren Beatty.

Salah satu cerita yang paling saya suka dan yang paling sering memotivasi saya tentang mencoba dan kegagalan adalah cerita berikut.

Warren Beatty adalah seorang aktor yang sangat tampan dan juga terkenal sebagai seorang playboy ulung di jamannya. Ia sering sekali terlihat berganti-ganti pasangan, dari satu wanita cantik ke wanita cantik lainnya.

 

Suatu hari seorang wartawan akhirnya bertanya kepadanya apakah rahasianya sehingga bisa dengan mudah mengajak wanita-wanita yang memukau ini bermalam.

 

Beatty menjawab, “Yah, mudah saja. Setiap kali aku melihat seorang wanita cantik, aku tanya dia, ‘Hey, maukah kamu bermalam denganku?’ Seringkali aku disiram minuman dan kena tampar, tapi seringkali juga aku tidak tidur sendirian malam itu.

Banyak orang tidak mau ditampar, disiram, dipermalukan, disakiti. “Mana mungkin wanita secantik itu melirik saya? Sudahlah. Malu iya, atau mungkin sakit harga diriku nanti diinjak-injaknya. Pulang aja lah.”

Ya akhirnya, sepreinya dingin terus. Atau kalaupun ada temen bobok dapetnya yang serem-serem. Hiii…

Selalu ingat si Warren: Hidup itu jangan takut digampar, sehingga akhirnya kamu tidak takut mencoba.

Digampar itu biyasya, no big deal.

Hidup akan jadi berani mencoba jikalau kita sudah tidak takut dengan kegagalan.

Dan kalau yang kita kerjakan benar, di antara kegagalan-kegagalan kita, pasti akan ada yang lolos menjadi keberhasilan.

SEE YOU AT THE TOP – GO DIAMOND!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cancel Post Comment

  1. Saya pembaca baru di blog ini. And after reading couple of articles, I literally cry, ngerasa ketampar, dan ketawa.

    Yes, you heard me right. Saya tadi lagi ngangguk ngangguk karena merasa relate dengan perasaan gagal saag project di drop(secara baru 3 hari yang lalu project saya di drop client) . Eehh terus, ada mukanya mas Warren lagi senyum.

    Sukses ketawa ngakak.

    You were right. Hidup itu jangan takut digampar.

    Thank you ya buat masukan semangatnya!