Life

Semoga Saya Jadi Berkat Buat Orang Lain

“Gue kepingin hidup gue berguna buat orang lain,” kata anak muda itu sambil mengangkat dagu, mungkin sedikit sombong karena sudah tahu tujuan hidupnya sekarang.

Biarkan Mereka Berperang

Saya ini kalau ikut tes psikologi, sudah jelas akan dapet hasilnya seperti apa. 

"Aku siap mati kok."

Kamu ucapkan kata-kata ini lebih dari sekali, terutama ketika perbincangan kita menjurus ke topik tentang kehidupan dan bahagia.

Terisi Penuh Ketika Menggunakan Habis

Memang penyakit saya kalau liburan itu, jadi banyak ingin menulis tentang hidup.

Mendingan Gua

Ga bisa disangkal bahwa untuk dapat hasil yang di atas rata-rata, kita harus beri usaha di atas rata-rata juga. Usaha, nyali dan tenaga.

Tidak Ada Orang Yang Peduli Selamanya

Jikalau kamu punya mobil keluaran paling tidak lima tahun ke belakang ini, kemungkinan besar dia akan membunyikan alarmnya kalau kamu tidak mengenakan sabuk pengaman kamu. Tut-tut-tut-tut. Dulu saya sering bawa mobil ke kantor melalui perjalanan yang cuma 800 meter panjangnya. Walau jarak perjalanan yang pendek banget, dia tidak pernah gagal berbunyi dengan menjengkelkannya. Padahal paling […]

Sukses Yang Saya Kejar

Di hari ulang tahun saya yang ke-38 ini, saya mau bicara sedikit tentang sukses. 

Hidup Yang Enak dan Hidup Yang Ga Enak

Rule and exception. Pernah denger istilah di atas ga? Salah satu frasa yang sering dipakai di bahasa Inggris. Mungkin terjemahan bahasa Indonesianya: ‘Aturan’ (rule), dan ‘kadang-kadang’ (exception). Atau ‘harusnya begini’ (rule), dan ‘sesekali’ (exception). Istilah ini sering digunakan untuk membedakan antara mana hal-hal yang seharusnya, dan mana hal-hal yang terjadi kadang-kadang/anomali. Berguna untuk membuat kebijakan […]

Menuju Hamil - Part 3 of 3

Walau sudah setengah berjalan ke luar, saya menarik dia masuk lagi dan saya tutup kembali pintu ruangan dokter yang sudah terbuka itu. Saya tahu dia masih mau menangis, walaupun sebelumnya dia sudah cukup lama terisak di pelukan Miss Lim, suster perawat yang jadi dekat dengan dia karena bolak-balik bertemu dan bertukar pesan. HCG, sejenis hormon […]

Aku Ingat Yang Kamu Bilang

Diingat orang itu memang berjuta rasanya ya?

Bermimpi Tidak Gratis

“Kalau mimpi kan, gratis. Gapapa dong?”

Semua Salah Kamu

Atau jika diucapkan dalam hati yang baca ini: “Semua salah saya.”

“Kalau gua ajarin semua yang gua tau, nanti dia lebih pinter dari gua.”

Sering banget denger orang ngomong begini kan? 🙂

Menuju Hamil - Part 2 of 3

Setelah mencoba inseminasi sebanyak tiga kali, kali ini kami memutuskan untuk lebih proaktif lagi dengan melakukan prosedur bayi tabung (In Vitro Fertilization or IVF).

Menuju Hamil - Part 1 of 3

“Ward…” panggil dia. “Ward, dia keluar wad…” panggil dia lebih keras lagi.

Jangan Pindah, Tetangga.

Saya sering bolak-balik ke Pulau Ambon. Punya teman yang sudah seperti saudara di sana. Hampir tahu semua nama daerah. Hampir sudah menyelami seluruh pesisir yang mengelilinginya.

Adonan Ibu

Setiap selasa di kantor Ceritera ada kebiasaan berkumpul bersama yang kami beri nama Tuesday Talk. Semua orang duduk melingkar, dari office director hingga office boy, saling bercerita dan berpendapat.

Kita Tidak Akan Pernah Sampai

Dia menyeka air matanya, sambil bersandar di lenganku. “Sudahlah, jangan sedih.” Pola si anjing kesayangannya menaruh dagunya di atas perutnya, seakan-akan ingin ikut menghibur walau tanpa kata-kata. “Kita sudah coba. Kali ini gagal. Artinya ya, kita coba lagi.” “Mungkin karena aku cowok ya. Bisa lebih memisahkan perasaan dan kejadian.” Masih terdengar suara nafasnya yang basah […]

Bertemu Staf Ahok Untuk Pertama Kalinya

Wowsa. Semuanya memang bergerak begitu cepat. Beberapa jam setelah saya melepas tulisan ini – salah seorang staf Pak Basuki menghubungi saya. “Ko, saya sudah baca tulisan koko. Saya mau datang dan ngobrol. Ini nomor saya.” Begitu bunyi pesan yang masuk ke FB Messenger saya. Malam itu kami bertemu. Ternyata dia ini sudah mengikuti saya sejak […]

Berjabat Tangan Di Persimpangan

Ada calon-calon pemilih yang sudah pasti dengan pilihannya karena alasan-alasan logis maupun emosional. Ada calon-calon pemilih yang masih bingung mau milih siapa, juga karena alasan-alasan logis maupun emosional. Buat teman-teman yang melihat saya sebagai seorang yang aktif dalam politik kerelawanan, terutama ketika Pemilu 2014, mungkin kecewa melihat saya di Pilkada kali ini berpangku tangan. Mereka […]

Buat Bos dan Belum Bos: Apa Yang Dicari Orang Dalam Sebuah Pekerjaan

Lucu membaca trending topic Twitter di minggu malam ini: “BESOK SENIN”. Isinya ternyata gerutuan orang-orang yang benci sama si senin. Dimaki-maki terus dia. Kemungkinan besar karena mereka tidak suka pekerjaan mereka. Apalagi bosnya. Saya adalah salah satu dari sedikit orang-orang beruntung yang menyukai senin. Mungkin karena saya suka sama pekerjaan saya. Tapi tahu gak, ternyata, ‘suka sama pekerjaan’ […]

2017: Hiduplah Lebih Dari Linimasamu

Kalau lihat sentimen di online, baik yang media betulan, maupun yang meme lucu-lucuan, semua tidak sabar meninggalkan 2016. Tahun yang mengecewakan, penuh kejutan, dan bikin kering tulang. Banyak berita ga enak, headline mengagetkan, dan rasa sedih atas berbagai kejadian di seluruh dunia. Yang terasa paling pahit, tentunya makin berkutubnya semua orang. Ekstrimisme semakin menjadi, pendapat […]

Cara Membuang Baju Butut Kesayangan Suami

Kalian tau lah baju-baju yang saya maksud. Sudah kumal, jelek, bagian kerahnya sudah melar, trus yang paling parah: sudah bolong-bolong. Biasanya cowok-cowok yang punya banyak baju beginian. Yang ga tahan mau lempar itu baju ke tempat sampah biasanya ibunya, atau istrinya kalau dia sudah menikah. Tapi selalu ga boleh, dipertahankan mati-matian sampai titik darah terakhir. […]

Istri Mau Cat Rumah, Tapi Saya Tidak.

Ribet. Itu yang pertama terlintas ketika Francy tiba-tiba punya ide untuk mengecat ulang rumah tinggal kita. 

Walaupun Bos Kamu Brengsek Dan Gaji Kamu Kecil

Selalu berikan yang terbaik. He? 

Buat Kapan

Suatu hari saya sedang membeli sebuah pepaya dari seorang bapak penjual buah.

Hidup Bukan Seperti Roda

Orang tua-tua sering berkata, “Hidup itu kayak roda berputar: Kadang kita di atas, kadang kita di bawah.” 

Bagaimana Tahu Dia Adalah Pasangan Hidup Yang Kucari

“Bagaimana saya tahu kalau dia adalah ‘the one’?” 

Jihad Itu Apa?

“Ko Edward, bikin video gih: ‘Jihad itu apa?’,” kata Warmin yang duduk di sebelah saya, sambil menyupiri mobil saya masuk ke kawasan SCBD.

I Cried Watching A Tennis Match

I don’t know if it was because of all the kwetiaw I ordered with Gojek last night, but seeing this video I become really emotional. A terrific display of sportsmanship Jack Sock showed what good sportsmanship is all about. Posted by SB Nation on Wednesday, January 6, 2016 In today’s times where we see so many […]

Gimana Kalau Bakmi Favorit Kamu Sudah Ga Enak?

Pagi ini saya dan Francy makan bakmi kesayangan kami: Bakmi Jambi Ahiung di Pinangsia. Wuenak tenan. Our best of the best. Tekstur bakmi, kuah, daging, sambel. Semua five star. Sebetulnya kemarin kami baru makan bakmi juga. Papi saya ulang tahun dan kita semua sarapan bersama di sebuah warung bakmi X. Tapi entah kenapa, bakmi X […]

What Is Adele Doing In A Supermarket?

I just finished this excellent Rolling Stones article. One of the best longreads I’ve had. Worth your time. Really. I also found a great lesson inside of it. Well, I found lots, but one stood out. It’s the way she describes her phenomenal carreer. (Or so we thought.) “This is not my career. This is my […]

Tiga Cerita Bagus Jadi Satu Cerita Baru

Saya mau cerita tiga cerita yang pernah saya baca.

Cara Jitu Bobo Bareng Nona-nona Cantik

Dulu saya selalu murung dan sedih ketika menghadapai kegagalan. Gagal bisnis, gagal proyek, gagal pitching. Hehe, bahkan saya menulis ini aja karena lagi sedih mendengar berita tadi siang bahwa ada sebuah proyek yang dibatalkan oleh kliennya. Gagal lagi. Si gagal ini sering datang beruntun lagi. Gagal lalu besoknya gagal lalu besoknya gagal. Pahit rasanya. Frustasi campur takut […]

Genk Apa Aja

Salah satu klasifikasi manusia yang paling populer adalah: mereka yang gampang tersinggung dan yang tidak. 

"Bapak Elu Orang Kaya Yah?"

“Gw tanya deh: Bapak elo orang kaya yah?”

Previous page Next page